Selasa, 08 April 2008

Bangun Pagi Berkualitas

Weekend emmmm…… hari yang sangat dinanti nanti setiap orang anak sekolah maupun pekerja, bisa bangun siang dan tidak dikagetkan ama jam weker. Apa lagi hari senin hari yang paling sulit untuk membuka mata dan menyeret tubuh dari tempat tidur untuk mandi. Bangun pagi sebenarnya sudah menjadi makanan wajib kita sejak kita masih di TK yang dimana kita jam 7 pagi harus sudah duduk manis di kursi kelas sampai saat ini, tapi untuk kamu yang bekerja atau masuk kuliah minimal jam 9 harus udah muncul batang hidung nya tentu masih ringan, tapi mempertimbangkan kemacetan parah atau belum buat kerpean tentu kamu juga harus bangun pagi juga kan.
Bila kamu tipe orang yang menganggap bangun pagi aktivitas yang mengerikan cobalah beberapa hal yang di bawah ini mungkin bangun pagi bisa menjadi hobi dan ditunggu-tunggu.

Tidur Cukup, bangun pun Segar…………
Para ahli menyarankan sebaiknya kita tidur 6 sampai 8 jam per malam untuk orang dewasa agar kita bangun lebih segar, karena selain mengistirahatkan tubuh otak kita juga butuh istirahat. Tidur yang cukup penting untuk menjaga kecepatan dan keaktifan otak, orang yang kurang tidur akan cenderung lupa dan diikuti dengan menurunnya fungsi indra. Saat tidur, ingatan akan direvisi dan disimpan dalam otak. Ketidak mampuan tidur mempengaruhi periode konsolidasi ingatan. Otak secara otomatis melakukan penyegaran saat kamu tidur nyenyak. Emang kebiasaan setiap orang beda-beda ada orang yang hanya perlu tidur tiga jam. Orang macam ini mampu menstabilkan gelombang otaknya meski tetap bekerja. Hal ini memang memerlukan latihan, meditasi atau Yoga bisa merupakan cara melatih otak tetap tenang meski kita bekerja.

Alarm Romantis……….
Kamu pasti pernah terbangun dan jadi pusing setengah hidup karena suara alarm yang super keras dan menakutkan. Hindarilah alarm jenis ini dan beralihlah dengan alarm musik yang romantis dan tidak mengagetkan tapi bisa membuat kamu terbangun. Karena alarm yang mengagetkan akan mengagetkan juga sistem otak kita, sebaliknya alarm yang tidak mengagetkan akan membuat kamu bangun lebih natural dan tenang.

Olahraga pagi……
Tidak ada hal yang lebih baik selain olah raga pagi. Lakukan lah lari atau jalan minimal 45 menit atau bahkan gerakan Yoga, hal ini tidak hanya membuat kesehatan kamu baik, kamu juga akan terlihat lebih fresh.

Sarapan……………
Salah satu cara sehat menghilangkan ngantuk dengan sarapan. Kamu bisa sarapan jus buah, sereal atau buah yang akan memberikan kamu energi dan gizi untuk memulai hari. Saran nih kurangi asupan kafein dan gula terlalu banyak di pagi hari.

Siapkan semuanya dari malam…….
Sebaiknya kamu kembalilah kemasa sekolah dulu dimana ortu kita meminta kita untuk menyiapkan segalanya keperluan sekolah malamnya agar kita tidak terlambat. Sisihkanlah waktu di malam untuk menyiapkan segala hal buat keperluan besok pagi agar saat bangunnya kita gak jadi tegang menyiapkan semuanya karena kita udah telat. Mau bangun segar eh.. jadi uring-uruingan heee…

Tidak ada komentar: