Selasa, 22 April 2008

Keringat dan Penyakit

Saat berolahraga, berjalan, melakukan kegiatan berat, sedang kepanasan karena suhu udara yang meningkat dan disaat kita gugup, malu, takut, bahagia kita pasti berkeringat. Saat kita berkeringat adalah hal yang alami dan sehat karena hal ini fungsi normal tubuh untuk mendinginkan dan melembabkan kulit.
Kapan dan dimana kita berkeringat tentu berbeda dan bervariasi. Hal ini bisa dipengaruhi oleh suasana hati, makanan dan minuman, obat-obatan, kondisi kesehatan atau hormon, tetapi kadang kala kita mendapatkan tubuh kita berkeringat berlebihan atau berkeringat pada malam hari tanpa alasan yang jelas, bila mendapati kondisi seperti ini temui dokter. Tapi tidak semua keringat berlebihan bermasalah hal ini bisa dikarenakan meningkatnya hormon pertumbuhan yang dihasilkan kelenjar pituitary (kelenjar hipofise) atau berlebihnya kadar hormon adrenalin dalam darah.

Bila kamu menemui kondisi dimana kamu keringat dingin disertai rasa lemas, nyeri dada atau perut yang merupakan respon tubuh terhadap adanya penyakit serius, kecemasan atau nyeri hebat dan bila kamu merasa terdapat perubahan bau badan, bau buah-buahan (bisa sebagai gejala diabetes), bau amonia (gejala penyakit liver) temui dokter kamu.

Tidak ada komentar: