Selasa, 22 April 2008

Bete......Bete.........

Pesan Es krim dikasih jamu, rekan kerja yang so ngebos, sampai makalah yang kita bikin semalam suntuk di tolak dosen. Semuanya bikin Bete…. Bete….Bete…..
Gawatnya kalau udah bad mood muncul, rasanya pengen marah terus, mau ngapain gak enak, kita jadi sensitif, dicolek dikit aja gunung api bakal meletus he2…….Kalau dah kaya gini kerjaan kita jadi terganggu dan dijamin gak ada yang mau dekat-dekat kita. Untuk itu kita perlu banget mengatasi rasa bete ini, mulai dari mengenalinya dan mengatasinya.
Bete Kenapa Ya…………
Bete bisa timbul karena banyak hal, secara fisik misal kita kelelahan / sakit dari faktor lingkungan misal suasana tempat kerja yang tidak nyaman, kejenuhan dan pengaruh hormon. Rasa bete biasanya timbul saat kita merasa tidak mampu mengendalikan suatu permasalahan secara baik / positif. Akhirnya timbul rasa engga tau harus ngapain, tidak ada solusi, kadang-kadang orang lain yang disekitar kita bisa jadi korban. Engga mau kan.
Supaya Gak Ada Korban Gimana…….
Ya……. kelurkan, rasa marah / kesal gak baik untuk dipendam, kalau kita emang kesal ya diungkapkan. Agar kita lega dan orang lain gak kecipratan bete kita, kita perlu menguasai “jurus” nya he………ya kalau engga bukannya ingin hilang betenya malah kita bisa marah-marah.

Pertama yang bisa kita lakukan. Kenapa sampai kita merasakan hal ini, setelah tau penyebabnya akan lebih mudah mencari solusinya. Misalkan nilai ujian kamu merah, bete jadinya, why ? oh…. rupanya kita gak belajar, karena sakit. Solusinya, kita lobi dosen minta tugas tambahan buat nambah nilai. Ini namanya Bete = Solusi.
Satu hal yang perlu banget kamu ingat tidak semua permasalahan bete kamu solusinya sama. Misalkan kita bete gara –gara faktor hormon, berati kitalah yang harus bisa menahan emosi dan mengeluarkannya secara positif. Sedangkan kalau bete gara-gara teman kerja kita sok ngebos, solusinya bukan kita mengendalikan diri melainkan membicarakannya pada si tersangka.

Oh gitu….. Terus….
Pengen ngurangi rasa bete dengan cepat…..?
Curhat Dong…….
Sehebat apapun kita, kita tetap memerlukan teman untuk berbagi baik saat sedih maupun senang. Tapi perlu diingat pilihlah teman curhat yang benar-benar kita percaya baik sebagai pendengar maupun sumber solusi.
Tenangi Diri Dulu…..
Perlu banget kita mendapatkan ketenangan terlebih dahulu agar kita mampu melihat permasalahan dengan jernih. Kita perlu banget mendengarkan suara hati kita, sulit emang, tapi hasilnya bagus lo.
Kalau Diperlukan Nangis Aja…….
Menumpahkan kekesalan bisa banyak cara. Kita bisa nangis, setelah menangis kita akan merasa lebih lega. Tapi menangis jangan berhari-hari ya.
Manjakan Diri……..
Shooping, nonton, jalan-jalan, kesalon atau kemana aja asalkan kita bisa enjoy, bisa membuat pikiran kita lebih tenang. Tapi ingat jangan sampai dompet jebol ya.
Olah Raga…….
Cara ini sangat efektif lo, cukup jalan kaki atau naik sepeda. Badan lebih segar pikiran juga tenang.
WARNING……..
Sebete apapun kita, kita harus tetap fokus pada diri kita dan terus tanamkan kekuatan positif kita. Kita tetap harus fokus untuk menemukan cara yang positif untuk menenangkan kita. Jika tidak bukanya tenang malah nambah masalah. Saat bete kita biasanya lebih labil, kita mudah terpengaruh. Yang perlu diperhatikan Jauhi tempat hiburan malam, alkohol, narkoba atau hal lain yang bisa menambah masalah dan selalu berserah dirilah pada TUHAN.

Tidak ada komentar: