Jumat, 13 Februari 2009

Jurus Jaga Jantung

Ada banyak faktor resiko yang menyumbang penyakit ini salah satunya genetik. Gaya hidup juga tidak bisa disepelekan karena menyumbang lebih banyak, berikut ada beberapa langkah menjaga jantung tetap sehat.

Kenali faktor resiko
, bila salah satu dari keluarga pernah mengalami jantung, kita bisa memwaspadainya karena kita berada dalam rantai resiko tinggi.
Pilih makanan sehat, menghindari makanan tinggi lemak, mengurangi daging merah, gorengan, makanan yang serba tinggi kalori. Ganti dengan sayur, buah segar, daging putih, makanan berserat dan biji-bijian.
Bila kegemukan normalkan berat badan
. Kegemukan menyebabkan pelepasan asam lemak bebas. Akibatnya seluruh hormone terganggu, tekanan darah menaik dan banyak penyakit bakal mengikuti selain jantung.
Lakukan latihan fisik secara teratur
, olah raga teratur melatih otot-otot juga jantung keseimbangan hormon akan tercapai karenanya
Cek kolesterol dan tekanan darah secara teratur
, hipertensi merupakan penyakit yang menyerang diam-diam. Mengecek kesehatan secara teratur merupakan upaya pencegahan.
Jika merokok segeralah berhenti
, meroko salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular, juga penyakit lainnya.
Kelola stress
, stress dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kecenderungan buruk lain seperti, kebiasaan merokok, makan banyak dan tidak teratur. Stress juga menurunkan system kekebalan tubuh. Tubuh gampang terinfeksi dan mudah kena serangan jantung.
Jangan mengabaikan resiko,
contohnya nyeri dada seperi terbakar, rasa penat di tulang punggung, leher, lengan atau napas tersengal dan pendek. Ada banyak pertanda lain yang bisa diwaspadai, jangan disepelekan segera konsultasi kedokter.

Tidak ada komentar: