Kamis, 08 Mei 2008

Fakta Tentang Air

Masih belum minum air minimal 8 gelas sehari, coba deh kita simak fakta tentang air berikut ini;
80 % jaringan otak terdiri dari air, sangatlah penting untuk membuatnya tetap lembab karena dehidrasi dapat menurunkan konsentrasi dan perfoma otak. Air membantu cairan yang membawa protein dan enzim dalam otak sampai ketujuan. Air juga mencuci otak dari radikal bebas yang merusak sel dan mengakibatkan bantalan yang menjadi berbagai penyakit.
Sambungan antar sendi memiliki peredam getaran dan melumasi persendian. Jika banyak air tersedia, friksi antar sambungan lebih sedikit dan kemungkinan terkena arthritis (radang sendi) semakin berkurang. Air juga membuang racun dari tubuh sehingga meminimalkan resiko terkena kangker. Air juga membuang kelebihan garam pada tubuh yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
Air tidak mengandung kalori atau lemak dan terbukti dapat menahan lapar. Air juga mempercepat metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran kalori.
Air membantu produksi cairan ludah yang dapat mencegah lubang pada gigi karena air ludah menetralkan peningkatan asam pada enamel gigi.
Manusia umumnya kehilangan dua sampai tiga gelas air perhari melalui proses bernapas dan keringat serta empat sampai lima gelas air melalui buang air dan olahraga. Cairan yang hilang tersebut perlu diganti, namun jangan berlebihan, karena hal ini akan menimbulkan masalah pada pencernaan, mual bahkan koma. Namun tidak perlu panik, orang dewasa yang sehat baru bias over hydrated jika meminum air hingga dua galon dalam sehari.

Tidak ada komentar: